Saturday, August 22, 2009

Yuyun oh Yuyun

Yuyun !!, mendengar nama itu, fikiran kita tentu akan membayangkan  pada seorang gadis cantik   Sebuah nama sunda, yang bisa saja dimiliki oleh gadis yang tinggal di kota, atau gadis yang tinggal di sebuah desa yang jauh dari keramaian, gadis yang menjadi kembangnya desa dengan kulit yang kuning langsat dan rambut panjang hitam terurai di kedua pundaknya.

Namun sayang, sekarang ini bukan Yuyun itu yang akan saya ceritakan, bukan seorang gadis desa dan bukan pula seorang wanita cantik. Yuyun.vbs adalah sebuah signature yang ditinggalkan oleh sebuah virus komputer. Virus yang dibuat dengan program VB Script ini telah cukup membuat pusing para administrtor jaringan baik di perkantoran maupun di warnet-warnet, walaupun penyebarannya tidak seganas virus conflicker yang sempat membuat heboh dunia perkomputeran.

Tentu saja tak seperti Yuyun sang gadis desa yang selalu menjadi idaman setiap pria, virus Yuyun ini justru sangat dihindari oleh baik pria maupun wanita, karena keberadaannya cukup membuat pusing. Yuyun.vbs ini begitu masuk kedalam komputer kita, akan langsung menyebar dan menempati semua folder yang ada dengan script file yang dia berinama thumb.db dan file-file yang berekstensi lnk. File Thumb.db (tanpa s), merupakan suatu penyemaran dari file Thumbs.db (dengan s), yang merupakan file legal dari windows yang biasanya ada di setiap folder.
Nah jika kita secara sengaja maupun tidak sengaja meng klik file thumb.db ini, maka di bagian atas windows akan terlihat tulisan "www.musli**.or.id" dan "my name: Yuyun 1.0".

Untuk memuluskan aksinya virus Yuyun yang tidak cantik ini, juga membuat duplikat folder-folder dalam my document menjadi file-file yang berekstensi lnk, namun dia menyembunyikan tanda panah pada link tersebut, sehingga file tersebut tidak kelihatan sebagai link, dengan demikian pengguna yang kurang waspada bisa saja menganggap link ini sebuah folder, ketika di klik, file ini beraksi untuk memperbanyak dirinya. Yuyun juga dengan kecakapannya dapat mematikan fungsi-fungsi pada registry, yang berguna untuk maintenance komputer, misalnya fungsi regedit, ctrl+alt+del, fungsi hide/unhide file dan sebagainya.

Namun seperti yang dijelaskan dimuka virus ini tidak terlalu ganas dan dapat dengan mudah dihilangkan cukup dengan anti virus lokal saja. PCMAV merupakan anti virus buatan lokal yang pintar dalam menanggani virus-virus lokal seperti ini, walupun tentu saja PCMAV juga ampuh didalam menanggulangi virus non lokal. Dan informasi mengenai PCMAV ini dapat didapatkan di alamat website Virus Indonesia. PCMAV cukup ampuh membasmi virus Yuyun, disamping dia menghilangkan virus dan penyebarannya, juga dia dapat mengembalikan kembali fungsi-fungsi registry yang sempat dilumpuhkan oleh virus Yuyun tersebut.

Nah bagi anda yang saat ini sedang dipusingkan oleh Yuyun ini, silahkan coba dapatkan antivirus PCMAV dengan mengunjungi web site Virus Indonesia.

No comments: