Tuesday, June 23, 2009

Memilih Instrument Dana Pendidikan

Catatan : Tulisan ini pernah diterbitkan di Tabloid Kontan No. 43 Tahun IX 1 Agustus 2005, sengaja saya coba kutip, mudah-mudahan berguna terutama bagi yang saat sedang merencanakan dana pendidikan buat putera-puterinya.

Tulisan ini ditulis oleh Priyadi Setiawan, FLMI, ACS yang saat itu sebagai Sr. Manager, Corporate Comm. PT. Sun Life FInancial Indonesia.


Banyak orang mengira untuk mempersiapkan dana pendidikan cukup dengan menabung di Bank saja. Ada juga yang berfikir bahwa membeli asuransi pendidikan adalah satu-satunya cara mempersiapkan dana pendidikan. Kedua pendapat tersebut sebenarnya kurang tepat. Pada tulisan ini kita akan membahas secara ringkas pilihan yang bisa anda ambil untuk mempersiapkan dana pendidikan anak anda.

Asuransi Pendidikan


Produk ini adalah produk yang relatif "mudah" digunakan, karena konsumen tidak perlu repot-repot menghitung waktu dan akumulasi dana.  Perusahaan asuransi biasanya sudah menyediakan inlustrasi yang menunjukan kapan dan berapa uang yang akan di dapat konsumen. roteksi finansial (financial protection), sudah tercakup di dalamnya berupa pembayaran dana pendidikan walaupun konsumen meninggal atau sakit sehingga tidak bisa membayar premi.

Produk ini sesuai untuk anda apabila :

- Usia anak masih muda dan sesuai dengan program asuransi.

- Anda menginginkan kepastian atas pencapaian dana pendidikan anak anda

- Anda tidak terlalu mempermasalahkan tingkat pengembalian atas uang anda.

- Anda tidak punya waktu atau skill untuk mengawasi fluktuasi instrumen investasi


Tabungan Pendidikan

Produk ini sebenarnya adalah kombinasi dari tabungan/deposito bank dengan asuransi jiwa. Produk ini juga relatif "mudah digunakan", karena konsumen tinggal menabung saja. Unsur proteksi sudah tepenuhi karena adanya asuransi.

Produk ini seuai untuk anda bila :

- Anda tidak terlalu mempermasalahkan tingkat pengembalian atas uang anda.

- Anak anda sudah besar sehingga tidak lagi sesuai untuk asuransi pendidikan

- Anda tidak punya waktu atau skill untuk mengawasi fluktuasi instrument investasi

- Anda bisa menghitung dengan cermat berapa dana yang dibutuhkan dan kapan dana itu harus tersedia.



Bersambung .........

No comments: